2012, Titik Transformasi Penggunaan Aplikasi
CALIFORNIA - Persaingan sistem operasi mobile turut mendongkrak jumlah aplikasi yang beredar di toko aplikasi seperti App Store dan Google Play. Bahkan menurut perusahaan analisis Flurry, konsumen menghabiskan rata-rata dua jam setiap hari untuk menggunakan aplikasi mobile pada 2012.Menurut data Flurry, waktu yang dihabiskan konsumen untuk menggunakan aplikasi mobile pada 2012 meningkat 35 persen dibandingkan 2011. Perusahaan itu memprediksi, tingkat konsumsi aplikasi mobile akan terus meningkat pada tahun ini.
"2012 merupakan titik kritis transformasi cara konsumen menggunakan aplikasi," kata Vice President perusahaan pemasaran mobile Fiksu, Craig Palli, seperti dilansir dari Reuters, Selasa (1/1/2013).
Namun menurut Palli, revolusi terbesar yang terjadi ialah konsumen beralih menggunakan aplikasi untuk membuat tugas harian, seperti memesan taksi atau hotel dan melakukan prses transaksi. "Konsumen menggunakan aplikasi terlebih dahulu dan setelah itu baru menggunakan metode tradional," tuturnya.
Terlebih lagi saat ini aplikasi pembayaran seperti Square dan Passbook Apple, dinilai telah memposisikan smartphone sebagai dompet digital. Selain itu, kata Palli, aplikasi juga memiliki peran besar terhadap berbagai peristiwa besar dunia.
"Tahun ini, selama kejadian besar seperti Olimpiade, Badai Sandy, dan pemilihan presiden AS, aplikasi-aplikasi populer di App Store mencerminkan peristiwa-peristiwa tersebut. Ini menunjukkan permintaan untuk menjaga kejadian yang berlangsung melalui aplikasi," pungkas Palli.